Arsip Blog

Senin, 23 Maret 2015

Aplikasi Buffer Dalam Kehidupan Sehari-hari

                Aplikasi buffer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak contohnya. Beberapa contohnya adalah peran buffer dalam industri farmasi, peran buffer dalam proses fermentasi, dan peran buffer dalam tekstil dan industri kulit. Pertama, peran bufer dalam industri farmasi digunakan untuk menjaga obat dalam bentuk un-terionisasi atau terionisasi tertentu, tergantung solusi yang digunakan. Misalnya, bentuk terionisasi cenderung lebih larut dalam air, sedangkan bentuk un-terioisasi lebih larut dalam lipid. Selain itu, untuk menjaga obat hampir netral, cara ini menghindari iritasi pada jaringan tubuh dan melindungi obat teradap hidrolisis yang tidak diiginkan dalam larutan air
                Kedua, buffer dalam reaksi fermentasi, seperti dalam bir atau yogurt  sangat dipengaruhi oleh berbagai pH. Ini berarti sangat penting untuk menggunakan larutan buffer untuk menghindari perubahan yang keras dan memungkinkan fermentasi untuk kemajuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya, dalam roti, pH adonan akan turun secara alami dengan produksi CO2 dan beberapa asam organik lainnya. Dalam hal ini, baik susu alami buffer dan tepung, serta produk kimia seperti kalsium bikarbonat (CaCO3) dapat digunakan untuk variasi pH terbatas selama fermentasi. Buffer khusus juga digunakan secara ekstensif dalam industri makanan sebagai aditif makanan, khususnya untuk menjamin penampilan dan rasa makanan tertentu, serta menunda setiap mikrobiologi "invasi". Aditif ini biasanya asam lemah atau garam masing-masing sudah alami hadir dalam beberapa makanan.
                Ketiga, peran buffer dalam tekstil dan industri kulit. Dalam tekstil dan industri kulit sangat bergantung pada banyak pewarna yang berbeda untuk mendapatkan warna dan tekstur yang berbeda. Kekuatan dari beberapa pewarna ini didefinisikan oleh pH dan perubahan drastis akan mempengaruhi warna dan bagaimana pewarna dapat bereaksi terhadap kain tertentu. Sebagai contoh, monosodium fosfat umumnya digunakan untuk mempertahankan pH rendah untuk pencelupan asam serat tekstil, sedangkan disodium phosphate lebih berguna dalam kisaran alkali ringan untuk mewarnai kain yang sensitif terhadap kondisi pH yang ekstrim.
                Demikianlah artikel tentang Aplikasi Buffer Dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar